Home Unik Sarang Miriek Unik Bentuk Mas Kawin

Sarang Miriek Unik Bentuk Mas Kawin

0

Setiap makhluk hidup mempunyai keunikan masing-masing, tidak hanya manusia dapat menunjukkan ekspresi lewat karya, namun burung juga memiliki kemampuan dan keahlian dalam membuat sarang yang cantik dan unik, Salah satunya burung manyar, tentunya kita sudah tidak asing melihat burung ini dengan keunikannya dalam membuat sarang, sehingga menarik perhatian kita berpikir diluar logika bagaimana mungkin burung sekecil ini dapat membuat sarang begitu cantik dan unik dengan menggunakan paruhnya.

Ketika saya melihat sarang burung ini pada salah satu pohon kelapa disebuah Desa, kembali memutar memori saya pada waktu kecil dimana saya memiliki cerita menyenangkan dalam kehidupan masa kecil saya mencari dan memiliki sarang burung manyar ini. Berbagai cerita saya dapatkan tentang burung ini termasuk usaha kerja keras serta naluri dalam membuat sebuah sarang.

Sarang-sarang burung manyar ini banyak dijumpai dipohon-pohon kelapa yang berdekatan dengan perkarangan sawah, karena burung ini termasuk salah satu jenis burung pemakan biji-bijian (granivora) terutama padi, sehingga menjelang musim panen tiba burung manyar ini mencari rumput-rumput ataupun jerami untuk membuat sarang. Pohon yang dipilih untuk membuat sarangnya adalah pohon kelapa diarea persawahan karena pohon kelapa memiliki batang dan daun yang kuat sehingga terlindungi dari angin dan hujan serta terlindungi dari serangan burung lain.

Ada dua jenis bentuk sarang burung manyar ini, bentuk sarang betina dan bentuk sarang jantan, sarang burung manyar betina mempunyai bentuk bulat dan tertutup serta memiliki tempat untuk menyimpan telurnya, sedangkan bentuk sarang burung manyar jantan lebih terbuka dan lebih kecil dari sarang burung manyar betina.

Biasanya sarang ini dibuat oleh manyar jantan untuk memikat manyar betina ketika musim kawin telah tiba, semakin bagus sarangnya semakin cepat jantan tersebut memikat manyar betina. tidak hanya itu, burung ini juga sangat teliti dalam memilih rumput ataupun jerami untuk sarangnya dimana rumput-rumput yang dipilih memiliki kualitas yang lembut dan kuat sehingga sarang yang dibuatnya tidak mudah rusak. Proses pembuatan sarangnya terbilang lama, sebuah sarang dapat memakan waktu satu hingga dua bulan, meskipun begitu burung manyar jantan ini memiliki kesabaran yang luar biasa dalam menyelesaikan sarang sebagai mas kawin untuk betina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here