Hari ini kita akan membahas sedikit cara membuat kopi sanger arabica. Sebelum kita bahas cara membuat sanger arabica ada baik nya kita bahas dulu apa itu kopi arabica ? Dan asal mulai di namakan kopi sanger arabica ?

Asal Mulai Kopi Arabika yang enak ?

Kopi arabika dihasilkan dari tanaman Coffea arabika. Tanaman ini dipercaya berasal dari daerah Etiopia kemudian dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman. Bangsa Arab mulai mempopulerkan ekstrak biji kopi arabika yang diseduh dengan air panas sebagai minuman penyegar.


Di abad ke-15 popularitas minuman kopi mulai menyebar ke Eropa. Awalnya orang-orang Eropa membeli kopi dari para pedagang Arab. Kemudian mereka berhasil membudidayakan tanaman tersebut di Asia dan Amerika. Sejak itu kopi menjadi komoditas yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan sempat menjadi komoditas kedua terbesar yang diperdagangkan secara global setelah minyak bumi.

Yupps itu sekilas tentang asal mulai kopi arabica.
Selanjutnya kita akan bahas

Mengapa di Namakan Menu Sanger Arabika ?

Sanger merupakan campuran kopi hitam, susu kental manis . Secara fisik, sanger memang mirip kopi susu atau coffee latte. Tak semua para pembuat minuman kopi bisa membuat sanger. Karena untuk membuat sanger takaran kopi, susu kental harus pas, Meski sudah bercampur dengan susu, aroma kopi tetap mendominasi. Itulah yang menyebabkan sanger bukan kopi susu biasa. Konon untuk mendapatkan sanger yang nikmat, campuran susu hanya sedikit saja. Sanger dapat dinikmati panas maupun dingin. Untuk menyeruput nikmatnya sanger.
Sanger juga sering di sebut kopi “sama sama ngerti”

Kali ini kita akan buat cara meracik kopi sanger arabica menggunakan mesin esspreso

Peralatan Yang Di Butuhkan :

1. biji kopi arabica 20 gr
2. grinder espresso
3. mesin kopi espresso
4. susu kental manis
5. jak stimer ukuran sedang
6. gelas kaca ukuran 120 ml
7. timbangan kopi digital

Langkah-Langkah Membuat Sanger Arabika :

1. haluskan biji kopi pada mesin grinder
2. tampung kopi yang telah halus di porta filter double shot yang ada di mesin kopi .
3. timbang kopi seberat 15 gr.
4. taimping kopi agar padat lalu pasangkan ke mesin kopi espresso.
5. timbang susu kental manis 30 ml di dalam jak kopi
6. tampung kopi espresso seberat 90 ml dengan tekanan dan panas air sekitar 95’ celcius di dalam jak yang berisi susu kental manis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here