Photo by iqbal Langdom

Tak hanya punya pantai yang cantik, di Aceh juga ada sungai yang indah. Tak percaya? Datanglah ke Sungai Teunom di Kabupaten Aceh Jaya. Pemandangan sungai ini sungguh indah dengan perbukitan disekelilingnya.

Destinasi wisata di Aceh memang beragam. Bagi Anda yang sering bepergian ke Serambi Mekkah tentu sangat familiar dengan Kota Banda Aceh dan Sabang. Selain itu, ada beberapa wilayah Aceh lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten Aceh Jaya memiliki spot menarik untuk traveler nikmati, sebut saja Krueng Teunom. Dalam bahasa Aceh, krueng berarti sungai. Nah, daya tarik sungai inilah yang kini sedang dikembangkan sebagai destinasi wisata petualangan.

Karena di tempat ini traveler akan benar merasakan panorama alam yang begitu asri, kampung-kampung yang terpencil, serta masyarakat yang ramah. Krueng Teunom terbilang tempat yang masih privat, belum terbuka luas untuk publik.

Artinya, untuk menyusuri sungai yang mengalir di Gampong Alue Jang dan Sarah Raya ini harus bernegosiasi dahulu dengan pihak setempat. Krueng Teunom bisa disusuri menggunakan speedboat serta perahu nelayan.

PULAU KEUH, SURGA TERSEMBUNYI PATEK ACEH JAYA

Sepanjang aliran Krueng Teunom, saya menjumpai tebing-tebing tinggi yang dihuni oleh sejumlah satwa liar. Seperti, kelelawar, rangkong dan lain-lain. Bagi masyarakat setempat, Krueng Teunom menjadi salah satu sumber mata pencaharian serta sumber air bersih.

Air dari sungai ini juga digunakan untuk mengairi area persawahan masyarakat. Air sungai yang hijau dan juga langit-langit yang biru akan sangat mudah kita temui saat pagi menjelang siang di antara bukit-bukit.

Menyusurui Krueng Teunom, selain dihadapkan dengan alam yang asri, traveeler juga akan menemukan sejumlah spot menarik. Seperti, air terjun serta beberapa titik untuk bermain arung jeram. Jika penasaran dengan Krueng Teunom, jangan lupa mampir saat bertandang ke Aceh Jaya. sumber : Detiktravel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here