Pendakian atau kegiatan mendaki gunung kini bukan semata-mata hobi yang digemari lelaki. Kegiatan yang butuh kondisi fisik yang prima dan kadang memakan waktu berhari-hari ini juga mulai banyak dimintai kaum Hawa, entah itu sebatas hiking atau sekelas mountaineering.

Cewek? Mendaki Gunung?

Terkadang, segelintir orang memang sulit menerima dan memahami ketika beberapa gadis berkumpul dan menyusun rencana untuk mendaki gunung.

Tentu saja itu lahir dari anggapan bahwa aktivitas pendakian atau mendaki gunung adalah kegiatan yang cukup menantang dan terkadang ekstrim.

Tentu saja anggapan seperti itu jugalah yang menjadi latar, mengapa sejumlah orang tua atau kerabat dekat, melarang anak gadis mereka ikut dalam kegiatan mendaki gunung.

Ada perasaan takut dan cemas, putri mereka ‘tidak bisa’ atau ‘tidak mampu’ menaklukkan kerasnya kehidupan di alam liar.

Namun, anggapan seperti itu perlahan mulai tergerus seiring zaman. Terimakasih kepada teknologi internet yang memungkinkan manusia untuk saling berbagi informasi dan kabar terkini.

Media sosial akhirnya membuat banyak orang sadar bahwa wanita juga ‘bisa’ mendaki. Lihat saja taggar #pendaki atau sejenisnya yang berseliweran di media sosial.

Di antara gagah dan kerennya para cowok, hadir juga wajah-wajah cantik nan imut yang juga mampu menaklukkan ketinggian sekian ribu mdpl. Foto-foto mereka seolah berteriak: “Ayo, kamu juga bisa!!”

Tentang Pendakian Burni Telong

Gunung Burni Telong adalah gunung berapi aktif yang berada di Kabupaten Bener Meriah, gunung ini merupakan salah satu spot pendakian terbaik yang ada di Aceh.

Sudah bukan rahasia, jika keindahan alam yang dimiliki Aceh memang begitu luar biasa. Di provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini banyak terdapat tempat wisata dengan pesona serta karakteristik berbeda. Alam Aceh juga menawarkan beberapa objek wisata bagi traveller yang berjiwa petualang serta menyukai tantangan, salah satunya adalah Gunung Burni Telong.

Gunung Burni Telong merupakan destinasi favorit bagi para pecinta alam serta wisatawan yang hobi mendaki gunung. Objek wisata ini memiliki keindahan alam yang menawan berupa hamparan perkebunan, hutan belantara serta pesona Bunga Edelweis yang dikenal sebagai salah satu jenis bunga langka. Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan memukau ketika berada di puncak gunung berapi ini.

Secara geografis, lokasi Gunung Burni Telong berada pada Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Jarak antara kaki gunung dari Simpang Tiga Redelong kurang lebih sekitar 16 kilometer yang bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 30 menit. Titik ini terletak di Bandar Lampahan, Desa Rembune yang merupakan start favorit pendakian di gunung tersebut.

Tak hanya para pendaki lokal, Gunung Burni Telong juga menjadi incaran bagi pendaki dari luar kota seperti Takengon, Lhokseumawe, Bireuen, Medan dan juga Banda Aceh. Terdapat beberapa jalur yang bisa dipilih oleh wisatawan, yang pertama yaitu rute melalui Bandar Lampahan dan rute Pante Raya. Namun para pendaki lebih suka menggunakan rute Bandar Lampahan karena jarak tempuhnya yang jauh lebih dekat dari pada rute Pante Raya.

Di Desa Rembune, telah dibangun pos pendakian Gunung Burni Telong yang dikelola oleh masyarakat setempat. Bagi para pendaki diwajibkan untuk memberikan identitas, serta membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 untuk setiap orang. Dari pos ini jarak ke kaki gunung hanya sekitar 3 kilometer saja.

10 Wajah Cantik di Gunung Burni Telong

Ini dia himpunan sharing dari para sahabat pendaki wisata aceh yang pernah menapaki jalur pendakian menuju puncak gunung Burni Telong.

Mereka sudah berani ke sana; kapan kamu menyusul? Jangan di rumah aja, Indonesia itu luas lho. Salam lestari!

1. HASANARIFAA

View this post on Instagram

"view puncak" hanyalah bonus dari sebuah pendakian

A post shared by acan (@hasanahrifaa) on

2. MULIA HASSAN BASRI

3. Sriwulandari

4. ALFIBASYAH

5. MYMLDIA

6. MAULIDYA RAMLI

7. PUJA

8. WHYUNET

9. NEVIRA

10. IRMA YANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here