Wisata Aceh

Kuala Paret Wisata Sungai dan Air Terjun Mini di Aceh Tamiang

Wisata Aceh semakin dikenal dunia. Salah satu tempat berlibur di Aceh yang mempesona adalah Kuala Paret. Terletak di Desa Kaloy, Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, tempat wisata ini bisa dikunjungi dengan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan dari kota Kuala Simpang.

Belakangan ini , nama Kuala Paret memang ramai diperbincangkan di dunia maya. Foto-fotonya bertebaran di media sosial. Dilihat dari namanya memang rasanya lokasi in kurang menarik. Namun Kuala Paret justru menyuguhkan pesona alam yang menawan. Kuala Paret adalah sebuah cekungan sungai yang dialiri air yang deras dan masih jernih.

Sebutan “Kuala” merujuk pada hamparan pasir dan batuan kecil yang ada di sana.  Memang seperti Kuala atau pantai. Sementara disebut “Paret” (dialek Tamiang untuk Parit). Karena sejatinya itu adalah sebuah parit besar atau sungai kecil. Aliran sungainya sangat indah. Mengalir di antara sisi tebing. Memang mirip parit besar, lebar dan curam.

Di seberang parit terdapat juga air terjun mini yang menambah keindahan. Airnya mengalir dari atas melewati bebatuan yang sedemikian rupa tersusun apik. Air jernih yang megalir ditengah batu besar mengundang rasa untuk menikmati sambil bermain air. Anda bisa menikmati air sambil berenang ditepi sungai yang aman, karena arus air yang mengalir tidak terlalu kencang.  

Kuala Paret Aceh Tamiang

Kuala Paret Aceh Tamiang

Dikirim oleh Wisata Aceh pada Sabtu, 01 Agustus 2020

Untuk menuju Kuala Paret, Anda bisa masuk melalui Simpang Smadam menuju Pulau Tiga, sesampainya di Pulau Tiga, Anda bisa bertanya jalan menuju Kuala Paret, karena banyak jalan untuk menuju Kuala Paret, Anda tidak perlu sungkan-sungkan untuk bertanya, karena masyarakat disekitar cukup ramah. Dari desa tersebut perjalanan menuju Desa Kaloy (lokasi Kuala Paret). Jaraknya kira-kira 20 km.

Di sepanjang perjalanan Anda akan disambut dengan pemandangan bukit-bukit yang hijau serta perkebunan kelapa sawit yang terbentang di sisi kiri dan kanan. Menyejukkan mata yang memandang. Saat tiba di parkiran kendaraan, Anda harus menyusuri turunan jalan tanah setapak yang sedikit curam. Dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk menuruni jalanan terjal untuk mencapai lokasi wisata.

Exit mobile version