Cantik dan tersembunyi. Itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan Lhok Keutapang. Perjalanan menuju kemari pun sepadan dengan keindahan yang ditawarkan.

Terletak di pintu masuk Ujong Pancu yang merupakan titik nol Pulau Sumatra, pantai ini menawarkan kedamaian karena jauh dari hingar bingar.

Pun keberadaan pohon ketapang yang diambil menjadi nama pantai tersebut.

Air laut sebening kaca menyemburkan kesegaran lewat warna hijau toska yang menggoda kamu untuk menyeburkan diri. Sejuknya air pantai tersembunyi yang terletak di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar bakal mengembalikan energi yang hilang selama menempuh perjalanan.

Sementara bebatuan karang yang mengapit separuh bibir pantai menjadi tempat bagi para mancing mania memuaskan kegemarannya.

Oleh pengunjung, mulut-mulut goa yang menganga lazim dipakai sebagai ruang berganti pakaian. Menyesap hawa pantai sembari leyeh-leyeh di pasir putih selembut tepung juga bisa menjadi pilihan menyenangkan.

Menggelar piknik atau bahkan kemping menjadi ide bagus mengingat pantai ini tak berpenghuni. Sebuah anak sungai mengalirkan kesejukan air tawar lewat celah bebatuan. Membuat perjalanan terasa paripurna.

Menuju lokasi

Pantai Lhok Keutapang berjarak sekitar 20 menit perjalanan berkendara dari Kota Banda Aceh. Dari pusat kota mengambil arah ke Ulee Lheu. Terus saja ke arah Ujong Pancu hingga melewati Waduk Lambadeuk.

Dari situ berbelok ke arah perkebunan masyarakat dengan kontur tanah menanjak dan menurun dan tidak dilapisi aspal.

Di sebelah kiri sebuah pondok menjadi titik pendakian menuju Lhok Keutapang. Dari sini perjalanan sesungguhnya baru dimulai. Siapkan tenaga karena kamu bakal tracking sekitar 1 jam dengan melewati empat anak sungai.

Silahkan menyusuri jalan setapak yang dilingkupi hutan lebat hingga buntu di mulut pantai Lhok Keutapang yang dibingkai batu-batu cadas.

Namun keindahan yang ditawarkan akan membuat lelah perjalanan terbayar lunas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here