Home Destinasi Aceh Besar Pantai Lampuuk Aceh, Saingannya Pantai Kuta

Pantai Lampuuk Aceh, Saingannya Pantai Kuta

5
Pantai Lampuuk

Wisataaceh.co.id – Indonesia dikenal dengan kekayaan destinasi pantai yang menakjubkan. Dari ujung barat Indonesia di Aceh, hingga ujung timur di Jayapura dan Merauke, Indonesia memiliki pantai-pantai terindah di dunia seperti Pantai Lampuuk.

Saat ini, Bali memang yang paling populer, tapi Provinsi Aceh di ujung barat pulau Sumatera pun memiliki pantai yang memikat, pantai Lampuuk.

Pantai Lampuuk berada Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Pantai ini merupakan salah satu primadona wisata alam di Tanah Rencong. Pantainya langsung menghadap ke Samudera Hindia. Pantai ini jadi saingan pantai kuta yang ada di Bali.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Banda Aceh. Ya, pantai ini sangat mudah dijangkau dari arah pusat kota.

Untuk menuju pantai Lampuuk, ada empat jalur masuk yang bisa dipilih wisatawan. Di antaranya adalah Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat.

Biasanya jalur masuk yang sering dilalui para pengunjung lokal adalah Babah Satu dan Babah Dua. Sedangkan, wisawatan asing yang ingin melakukan kegiatan surfing umumnya masuk dari jalur Babah Tiga.

Pasir putih dan ombak selancar

Pantai Lampuuk dikenal dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut. Air laut tampak jernih dan berwarna biru kehijauan. Ombak kelihatan cukup besar, namun bersahabat bagi para peselancar. Pantai ini memiliki garis pantai dengan panjang sekitar 5 kilometer dan membentuk sebuah teluk kecil.
Sejauh mata memandang, pengunjung bisa menyaksikan deretan pegunungan nan menghijau dan pepohan pinus yang rimbun.

Kalaupun datang di siang hari, terik tidaklah terlalu menyengat kulit. Suasananya terasa sejuk dan tenang. Wisatawan bisa menikmati keindahan matahari tenggelam pada sore hari di pantai Lampuuk.

Wah, begitu indahnya alam di sekitar pantai Lampuuk. Tak salah bila warga sekitar dan wisatawan menjuluki pantai ini dengan ‘Kuta’ nya Aceh.
Di hari libur, tak sedikit wisatawan baik lokal maupun dari berbagai daerah lain dan dari mancanegara yang mengunjungi pantai Lampuuk.

Anak-anak senang bermain ombak, bermain bola di tepi pantai dan aktivitas lainnya. Pantai ini memang cocok untuk bersantai bersama keluarga.
Sambil menikmati panorama pantai Lampuuk yang indah, pengunjung bisa duduk atau lesehan di kedai-kedai pinggir pantai. Pelancong juga bisa menikmati beragam makanan ikan bakar atau seafood sebagai hidangan.

Di antara seafood yang bisa dinikmati adalah ikan rambe, ikan kerapu, cumi, udang, dan lainnya. Untuk menghilangkan dahaga, bisa pesan le U atau air kelapa muda yang menyegarkan.

Konservasi penyu

Oh ya, pengunjung juga bisa mengunjungi konservasi satwa penyu yang berlokasi tak jauh dari pantai. Untuk menuju lokasi ini, jalur yang ditempuh melalui Babah Dua. Konservasi penyu ini menjadi daya tarik lain bagi para pengunjung lokasi wisata di sini.

Anak-anak sangat tertarik dan antusias melihat konservasi satwa penyu ini. Di sana, pengunjung dapat melihat para anak penyu atau tukik yang diberada di kolam kecil. Bila dinilai sudah cukup mampu untuk bertahan di alam lepas, selanjutnya mereka akan dilepas ke laut. Area ini menjadi wahana edukasi yang menarik bagi anak-anak tentang pelestarian lingkungan.

Trauma tsunami

Saat bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada 2004, pantai Lampuuk porak poranda dihempas gelombang besar tsunami.

Kerusakan yang ditimbulkan tsunami terbilang parah. Banyak korban jiwa yang merupakan penduduk sekitar pantai ini. Pemukiman penduduk dan tempat penginapan atau hotel di sekitar pantai juga hancur digulung gelombang tsunami.
Adanya trauma tsunami itu sempat membuat mayarakat enggan untuk datang ke pantai Lampuuk. Aktivitas wisata di kawasan ini pun sempat tertutup karena masih banyak puing sisa tsunami dan pohon- pohon pinus yang tumbang.

Namun, secara perlahan, aktivitas di pantai kembali pulih. Seiring waktu, dilakukan proses rehabilitas dan rekonstruksi pasca tsunami. Setidaknya setahun setelah peristiwa tsunami, berangsur-angsur wisata di pantai ini kembali hidup dan ramai.

Tak hanya pengunjung lokal, bahkan wisatawan asing juga singgah ke pantai tersebut untuk sekadar berwisata atau berselancar.


Kini, pantai Lampuuk sudah kembali menjadi primadona wisata Aceh. Wisata pantai Lampuuk pulih seperti sedia kala. Kecantikan dan keindahan panorama pantai Lampuuk yang memikat, makin terus mendongkrak popularitasnya.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here