Home Bisnis Labi Labi Transportasi Yang Hanya Ada Di Aceh

Labi Labi Transportasi Yang Hanya Ada Di Aceh

0

Mendengar namanya mungkin anda akan berfikir bahwa labi-labi ini adalah hewan yang bergerak lambat yang masih satu keluarga dengan si cangkang keras kura-kura. Bukan, tapi Labi-labi yang dimaksud adalah kendaraan umum unik modifan pick up khas di Serambi Mekkah (Aceh).

Labi-labi ini awalnya mulai dikenal dan beroperasi sekitar awal tahun 1980-an, saat itu menggunakan mobil kecil dengan mesin 500 cc berkapasitas penumpang sebanyak 11 orang.

Namun di pertengahan tahun 1980-an angkutan labi-labi ini mulai trend menggunakan mobil jenis Hijet-55 dengan kapasitas mesin 550 cc dengan bentuk serta kapasitas angkut penumpang lebih besar, yaitu sebanyak 14 orang. Pada era berikutnya, angkutan Labi-labi mulai menggunakan mobil Hijet 1000 dengan mesin 1000 cc yang bisa menampung penumpang sebanyak 16 orang.

Supir dan penumpang pada kendaraan ini dibatasi oleh kaca mobil belakang supir, apabila penumpang hendak turun jangan sekali – kali bilang “pinggir bang” atau “kiri bang” seperti di kota lain di Indonesia. Tapi penumpang cukup menekan tombol bel di dekat pintu belakang maka supir akan menghentikan mobilnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here