Memasuki era kekinian, banyak daerah yang berbondong-bondong melakukan kegiatan promosi untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan khususnya di kancah internasional. Kondisi tersebut tak dapat ditampik, mengingat di era ini banyak orang gemar melakukan kegiatan melancong guna mendapat spot-spot terbaik di belahan bumi manapun.

Tak terkecuali yang kemudian dilakukan oleh Pemerintah Banda Aceh. Usaha untuk menjadikan Aceh sebagai salah satu tujuan pariwisata terbaik membuat pemerintah setempat memfokuskannya pada produk unggulan yang dimiliki. Tak khayal hal tersebut membuat Mie dan Kopi Aceh menjadi menu andalan yang dipromosikan kepada dunia guna menarik wisatawan internasional.

Seperti yang diulas CNN Indonesia, Pemerintah Aceh menyampaikan bahwa Mie dan Kopi Aceh sudah menjadi ikon Aceh yang dikenal banyak kalangan. Semua orang bahkan terkesima dan menyukai cita rasa keduanya yang menjanjikan.

Selain Mie dan Kopi Aceh, adapula ayam tangkap, kuah beulangong atau yang kerap disebut kari daging, timpan atau lepat, dan roti cane yang menjadi beberapa kuliner pilihan lainnya, yang juga siap diperkenalkan pada khalayak.

Beberapa sajian lezat tersebut pun juga mudah ditemui di kota yang sering disebut sebagai Serambi Mekkah itu. Bahkan mayoritas rumah makan di Aceh menjajakan menu tersebut sebagai menu utama. Oleh karenanya hal inilah yang turut dijadikan ajang bagi pemerintah setempat guna memperkenalkan kuliner khas Aceh sebagai sesuatu yang mendunia.

Dalam sajiannya, Mi Aceh merupakan racikan mi kuning tebal yang dipadu dengan irisan daging atau makanan laut dan ditutup dengan kuah kari yang gurih serta pedas. Bisa dibayangkan betapa menggiurkannya makanan tersebut, bukan?

Sementara itu, adapula ayam tangkap yang merupakan sajian ayam goreng dengan bumbu rempah yang kuat. Di satu sisi, kopi Aceh juga hadir untuk menjadi hidangan penutup usai menikmati makanan berat. Ciri khas kopi Aceh yang kuat dan istimewa memang menjadikan kopi Aceh sebagai kopi yang dicari banyak pecinta kopi. Daya tarik dan aromanya yang luar biasa, membuat kopi Aceh lebih dulu tersohor dibanding beberapa kuliner Aceh lainnya.

Pemerintah Aceh pun sepakat untuk melakukan promosi melalui media sosial. Hal ini disebabkan media sosial merupakan lahan yang menjanjikan terhadap hadirnya pengenalan kuliner Indonesia, khususnya kuliner Aceh, maka hal-hal yang berkaitan dengan Aceh dapat menjadi sesuatu yang mendunia. Oleh sebab itu, Aceh pun juga bisa menjadi destinasi pariwisata yang dicari banyak orang.

Nantinya dengan berkembangnya sektor pariwisata di Aceh melalui adanya kunjungan kuliner yang meningkat, diharapkan pula juga timbul kenaikan di sektor-sektor lainnya seperti ekonomi dan pembangunan.

Mari kita bantu dan doakan bersama agar Mie dan Kopi Aceh bisa mendunia layaknya kuliner nusantara lainnya ya! [sumber : CNN Indonesia]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here