Home Food Resep Cara Membuat BEULACAN U

Resep Cara Membuat BEULACAN U

0

Ini masakan khas Aceh BEULACAN U, wajib ada terkadang masakan Aceh dirumah, enak dimakan dengan nasi yang hangat, wajib dicoba pasti ketagihan.

Lagi mencari inspirasi resep asam u (masakan aceh) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal asam u (masakan aceh) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Asam U sambal khas aceh, kenapa khas ya tentu bumbunya menggunakan asam sunti, yaitu bumbu wajib dalam setiap masakan aceh, kalau ada yang penasaran cara pembuatan asam sunti bisa baca postingan saya yang ini Asam Sunti. Cara membuat Asam U juga praktis dan cepat tanpa harus dimasak dalam sekejap jadi untuk dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Resep Beulacan asam u (sambal kelapa).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asam u (masakan aceh), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan asam u (masakan aceh) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah asam u (masakan aceh) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Asam U (masakan aceh) memakai 22 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

BAHAN:

– 1 bh kelapa tidak terlalu tua ( u pateuen), parut halus. Kalo agak kasar bisa giling sebentar pake batu atau blender.
Bumbu halus:
– 5 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 1 cm jahe
– 25 gr ikan asin kepala batu (sesuai selera), goreng. – ½ sdt jintan
– 1 sdm ketumbar
– 8 buah cabe rawit (sesuai selera)
– 1/2 sdt kunyit bubuk
– 3 buah asam sunti
– Garam secukupnya
– 10 lbr daun jeruk purut yang muda
– 2 btg sereh (bagian putih), iris halus
– 2 tangkai daun Temurui
– 1 sachet terasi udang (optional)

CARA MEMBUAT:

Campur semua bahan diatas, bungkus dengan daun pisang yang telah dialasi ‘on lingong’, semat lidi dikedua ujung nya. Lakukan hingga adonan habis. Bakar diatas bara api (pan anti lengket) hingga matang dan daun menjadi agak kehitaman. Angkat dan sajikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here