Tour ke lintas timur utara Aceh, maka tak lengkap rasanya jika tak mencoba untuk mencicipi sejumlah kuliner di daerah ini, terutama kabupaten Bireuen dan Aceh Utara yang memang dikenal memiliki sejumlah kuliner andalan.

Kabupaten Bireuen memang daerah yang dikenal dengan kulinernya. Salah satunya adalah Sate Matang.

Demikian juga dengan kabupaten Aceh Utara yang juga memiliki sejumlah kuliner andalan yang membuat Anda tak bakal melupakan sensasinya hingga mencoba untuk kembali ke lokasi tadi di lain waktu.

Berikut beberapa kuliner enak di Bireuen dan Aceh Utara yang patut Anda coba jika berkunjung ke dua daerah ini:

Sate Apaleh

Sate Apaleh merupakan kuliner yang cukup tenar di Bireuen. Kuliner ini terletak di Simpang Geurugok atau Gandapura. Kuliner ini selalu ramai dikunjungi oleh warga dari berbagai daerah.

Daging yang segar serta bumbunya yang khas membuat Sate Apaleh cukup digemari oleh warga. Maka ketika Anda hendak menikmati Sate Apaleh, datanglah sebelum Magrib tiba, karena Anda tidak akan kebagian tempat duduk jika telat. Konon lagi jika datang saat libur tiba.

Mie Kocok Geurugok

Kuliner satu ini juga tak kalah menarik dengan Sate Apaleh. Warungnya berdekatan dengan Sate Apaleh. Sama sama terletak di Simpang Geurugok Gandapura.

Mie Kocok Geurugok memiliki rasa yang khas serta kari yang kental. Karinya akan membuat Anda ketagihan. Demikian juga dengan mie dan toge mental yang dibumbui dalam Mie Kocok. Anda wajib mencobanya.

Martabak Durian

Martabak durian Geudong, Kabupaten Aceh Utara, memiliki nama yang tenar. Lokasi kuliner ini terletak di dekat jembatan Geudong. Meski sering dilanda macet, namun pengunjung kuliner martabak durian tak pernah sepi.

Di dekat jembatan Geudong, terdapat dua warung yang menjual martabak durian. Dua-duanya sama enak. Dua warung tadi adalah Selera Kita dan Samudra Pase.

Anda wajib mencoba kuliner ini.

Rujak Malikussaleh

Rujak khas Aceh ini berlokasi di samping masjid khas Bungkaih, atau jalan bandara Malikussaleh, Bungkaih, Kecamatan Muara Batu. Kuliner ini juga memiliki nama besar di Aceh Utara serta dikunjungi pelanggan dari berbagai kecamatan di sana.

Rasanya yang khas, serta bumbu pilihan, membuat Rujak Malikussaleh tak pernah sepi dari pelanggan.

Bakso PIM

Bakso PIM mungkin bukan nama baru di kawasan Krueng Geukuh. Bakso ini telah berdiri sejak 1983. Nama besar Bakso PIM memang sesuai dengan sajian istimewa yang disajikan oleh pengelola di sana.

Ada banyak tawaran menu yang disajikan di warung ini, seperti bakso mangkuk, bakso super hingga bakso urat.

Nah, inilah beberapa kuliner menarik di Aceh Utara dan Bireuen. Silahkan datang dan cicipi. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here