Home Food Jambe Kleng Pakai Pliek U, Rujak Aceh Paling Enak Saat Ini

Jambe Kleng Pakai Pliek U, Rujak Aceh Paling Enak Saat Ini

1

PERNAH makan buah jambe kleng? Rasa manis bercampur sepat dan asem. Nah, kuliner satu ini terkenal dari Aceh yaitu rujak dari jambe kleng yang diolah dengan bumbu khas aceh pliek u.

Setiap musim jamble kleng, rujak dari bahan dasar pliek u pun menjadi populer. Biasanya banyak dijual di pinggir-pinggir jalan seputaran kota.

Jambe kleng berasa manis dengan sedikit sepat dan asam. Jamble kleng merupakan bahasa Aceh untuk buah jamblang. Buah ini sebesar ibu jari orang dewasa berwarna ungu kehitam-hitaman.

Sementara pliek u merupakan bumbu khas Aceh. Bumbu ini merupakan ekstraksi buah kelapa yang terlebih dahulu difermentasi.

Pembuatan plie u lumayan rumit karena memakan waktu berhari-hari dengan beberapa tahapan berbeda, fermentasi, pengeringan, dan pengepresan. Setelah itu baru siap dijadikan bumbu.

Pembuatan jambe kleng pliek cukup mudah. Bumbu-bumbu rujak sederhana seperti garam, gula, dan cabai diulek halus. Jangan lupa bumbu rahasia plie u sekitar satu sendok. Setelah halus baru jamblang dimasukkan sedikit demi sedikit sambil ikut digerus.

Cara penyajian rujak jambe kleng plie u ini ada dua. Kamu bisa menggerus jambe kleng hingga halus bercampur dengan bumbu. Yang kedua rujak kasar, bumbu-bumbu diulek kasar. Setelah itu dicampur jambel kleng tanpa ikut digerus. Rujak kasar ini butiran jamble kleng masih utuh.

Bumbu plie u memang terkenal untuk rujak. Biasa juga dicocol dengan buah lain seperti salak, jambu, mangga, umbia, dan beragam jenis buah rujak . Selain jadi bumbu rujak, pliek u juga sebagai bahan pembuatan gulai.

Kalau kamu ke Aceh mencicipi kuliner dengan bumbu pliek u wajib dicoba, dan salah satunya jambe kleng pliek u.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here