Home Food Asam Sunti, Bumbu Legendaris Penyedap Masakan Aceh

Asam Sunti, Bumbu Legendaris Penyedap Masakan Aceh

1

Asam Sunti – Beberapa masakan Aceh bercitarasa asam dengan campuran pedas. Kedua rasa ini melekat sehingga tak salah kuliner khas Aceh dikenal menonjolkan rasa asam.

Sebut saja di antara masakan Aceh bercita rasa asam segar yaitu eungkot bung. Engkot bung adalah makanan olahan khas Aceh yang berbahan dasar ikan sawah. Ikan sawah yang digunakan biasanya gabus, lele sawah, sepat, dan ikan-ikan kecil.

Eungkot bung merupakan sejenis gulai memiliki citarasa khas. Ternyata bumbunya terdiri dari daun temurui dan asam sunti yang membuat makanan ini sangat lezat.

Selain engkot bung, ada juga makasan asam terkenal yaitu masam keueung. Masakan keueung yang merupakan olahan ikan tongkol juga diolah dengan bumbu asam sunti. Lalu seperti apa itu asam sunti?

Asam Sunti

Asam sunti merupakan bumbu alami khas Aceh yang diolah dari belimbing wuluh atau belimbing asam. Di beberapa kuliner daerah lain, belimbing wuluh ini juga dijadikan sebagai bumbu penghasil rasa asam. Tapi di Aceh, belimbing wuluh terlebih dahulu dikeringkan.

Pengolahan asam sunti yaitu dengan direbus dan diberi garam. Setelah itu baru masuk tahap pengeringan. Pengeringan dengan cara dijemur di bawah panas matahari selama berhari-hari hingga benar-benar kering. Sehingga, asam sunti ini bisa tahan lama ketika disimpan.

Dalam bahasa lokal belimbing wuluh ini disebut limèng eungkot atau boh limeng. Selain sebagai olahan ikan, asam sunti juga dijadikan sebagai bumbu pelengkap sambal.

Penasaran dengan rasa olahan makanan dengan bumbu asam sunti? Kalau melancong ke Aceh dan mencicipi masakan bercitarasa asam, kamu mungkin harus tanyakan bumbu-bumbu rahasianya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here