Air terjun Seureule di Peunaron, Aceh Timur merupakan objek wisata alam yang sangat eksotis, tapi keindahannya masih tersembunyi dalam rimbunan hutan.

Tidaklah mudah untuk mencapai lokasi air terjun Seurule di Penaron, Kabupaten Aceh Timur tersebut. Letaknya berada di tengah hutan. Butuh perjuangan ekstra untuk menuju ke sana. Selain letaknya yang agak terpencil di tengah rimbunan hutan, jalan menuju ke sana juga masih jalan setapak dan belum beraspal.

Namun perjuangan berat untuk sampai ke lokasi air ternjun Seurule Peunaron itu, akan terbayar lunas ketika memasuki kawasan hutan. Panorama alam yang rindang dan asri dengan kicuan burung, sungguh bagai harmoni alam yang menenangkan jiwa.

Aliran air membentuk alur-alur sungai di antara bebatuan, dan itu pertanda bahwa untuk menuju ke air terjun Seurule Peunaron sudah dekat. Apa lagi ketika mendengar suara gemurh air jatuh menerpa bebatuan, itu pertanda semakin dekat. Dan ketika tiba di sana, siapa pun yang melihat kemolekan dan pesona air terjun tersebut, pasti tidak akan tahah untuk berlama-lama mengabaikannya, pasti akan menceburkan diri ke dalam kolam air di bawah air terjun, menikmati sensasi sejuk dan dinginnya di tengah keindahan panorama hutan belantara.

Lokasi wisata air terjun yang masih sangat alami, bagaikan sebuah keajaiban alam yang tersembunyi, terpendam dalam rimba raya. Hutan yang mengelili air terjuan terebut juga merupakan areal hutan produksi, yang secara administrasi masuk ke dalam wilayah Kecamatan Peunaron Baru, Kabupaten Aceh Timur.

Untuk mengembangkan kawasan air terjun Seurule Peunaron tersebut menjadi objek wisata, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bersama Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Aceh pernah membuat program untuk pengembangan air terjun tersebut menjadi destinasi wisata, tanpa merusak alam.

Pengembangan obek wisata itu menjadi destinasi wisata alam favorit di Kabupate Aceh Timur, dilakukan dengan melibatkan kelompok masyarakat setempat yang tergabung dalam Kelompok Tani Bumi Permata. Kelompok masyarakat ini akan menggelola areal hutan produksi tersebut seluas 980 hektar, termasuk air terjun Seurule Peunaron di dalamnya.

Tujuannya, dengan pelibatan masyarakat setempat, pengelolaan wisata alam air terjun Seurule Peunaron, akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk mengelola dan merawat keindahan air terjun tersebut, serta tumbuhnya ekonomi kreatif masyarakat di bidang pariwisata. Karena kelompok tani Bumi Permata tidak hanya diberi kewenangan untuk pemanfaatan dan pengelolaan air terjun Seurule Peunaron, tapi juga mengembangkan potensi hasil hutan di sekitar objek wisata tersebut, seperti hasil hutan bukan kayu, salah satunya adalah jernang.

Selama ini hanya kalangan tertentu atau kelompok pecinta alam tertentu saja yang tahu dan bisa sampai ke air terjun Seurule Peunaron, sehingga pesona dan keindahannya belum diketahui banyak orang. Infrastruktur pariwisata untuk mendukung pengembanan kawasan objek wisata air terjun itu juga belum ada sama sekali. Praktis, air terjun Seurule Peunaron masih sangat-sangat alami, pesonanya tersebunyi di tengah hutan yang masih perawan.

Pengembangan fasilitas dan inftrastuktur pariwisata ke lokasi air terjun Seurule peunaron itu sangat penting, untuk menjadikan lokasi wisata alam itu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Aceh Timur. Karena dengan keindahan alam dan panorama yang alami tersebut akan menjadi air terjun Seurule Peunaron menjadi daerah tujuan wisata baru yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah. Jadi, bagi Anda pecinta wisata alam, tidak ada salahnya kalau berkunjung ke air terjun Seurule Peunaron, ada pesona yang masih tersembunyi di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here