Home Bisnis Sawah Disulap Jadi Wisata Kebun Anggur Di Bireuen

Sawah Disulap Jadi Wisata Kebun Anggur Di Bireuen

0

Tanaman anggur menjadi salah satu budidaya tanaman di Kabupaten Bireuen yang diminati warga, seperti Januar pemilik perkebuan anggur yang berada di Desa Alue Sijuk Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, menyulap sawah miliknya menjadi kebun anggur.

Kebun anggur yang luas hampir 2 hektar ini sudah dipenuhi ratusan batang anggur yang kini sudah berbuah lebat, dengan usia 6 bulan dari masa tanamnya, yang akan diperkirakan panen pada awal Ramadhan tahun ini.

Selain itu Januar juga menjual bibit tanaman anggur dengan teknik grafting atau sambung pucuk dengan mengunakan batang bawah untuk memperbanyak bibitnya, bibit yang sudah kokoh dan panjang kemudain di masukkan ke dalam pot yang lebih besar, satu batang bibit bisa di jual dari harga seratus ribu rupiah hingga mencapai satu juta rupiah, tergantung dengan jenis anggur dan ukurannya.

Hingga saat ini januar bersama karyawannya masih menyiapkan sebanyak 3000 bibit anggur, dan sebelumnya bibir anggur ini juga sudah dikirim ke beberapa daerah, baik ke Kabupaten Bireuen maupun daerah lain hingga ke provinsi Riau.

Menurut Januar selaku pengelola perkebunan anggur rencananya kebun anggur miliknya ini akan dijadikan objek wisata dan memperkenalkan cara budidaya anggur ke masyarakat umum, kedepannya ia akan juga mengembangkan dan memperluas perkebunan anggur ini.

“Usaha saya ini sudah berjalan selama 7 bulan, untuk pasarnya sendiri ke market seperti supermarket ataupun mall. Untuk di Aceh mayoritasnya belum ada, kalau bisa di Aceh ini dikenang dengan kebun anggur, daripada tanam bunga lebih baik tanam anggur karena lebih ada manfaatnya“ kata Januar, Pengelola Kebun Anggur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here