Selain menyimpan keindahan hamparan pantai dan air laut yang jernih, Aceh Besar juga memiliki banyak objek wisata petualangan susur gua yang jarang terjamah manusia.

Salah satunya, Gua Ie yang terletak di atas perbukitan Desa Leupung Bruk, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar.

Lokasi

Lokasi Gua Ie berada di atas bukit Cot Simantok, atau sekitar 2 KM dari dari desa Leupung Bruk.

Karena lokasinya tidak banyak diketahui warga sekitar dan belum dibuka untuk wisatawan, maka untuk bisa masuk ke gua ini, harus datang bersama warga setempat.

Cukup keluarkan tenaga dan peralatan lengkap caving serta keahlian khusus dalam penelusuran gua, kita dapat langsung melaksanakan penelusuran gua ke sana.

Di sana, langsung disambut dengan siraman cahaya yang masuk dari selah perpohonan, juga dapat melihat langsung ornamen gua yang masih lengkap.

Selain itu, juga terdapat kolam dan sejumlah binatang liar yang hidup di dalam gua, seperti kekelawar, kecoak dan sejumlah binatang lainnya yang hidup dalam gua.

Nilai Historis

Meski lokasi belum terurus dan terbuka untuk wisata, tapi gua ini memiliki nilai histori bagi warga setempat.

Pada saat konflik melanda Aceh, menurut cerita masyarakat sekitar, gua itu dimanfaatkan sebagai tempat persembunyian pasukan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Pada saat itu, gua itu menjadi lokasi yang aman dan nyaman, karena Kondisi gua itu luas dan membentuk vertikal dan horizontal.

Tak hanya nilai histori, Gua Ie juga menyimpan sumber air cukup besar.

Hal ini terbukti sekarang sekitar telah membangun tempat penampungan air yang bersumber dari mata air dari gua tersebut.

Bahkan dari dalam gua terdapat percabangan sungai yang mengalir ke beberapa pejuru.

Salah seorang warga sekitar, T Mufizar menjelaskan menjelaskan gua Ie merupakan satu dari empat gua yang ada di sana.

Empat gua tersebut Gua Ie, Gua Angin, Gua Salju dan Gua Simatong yang memang masih jarang dikunjungi.

“Di sana ada empat gua, Gua Ie, Gua Angin, Gua Salju dan Gua Simatong, sejauh ini jarang ada warga datang ke sana,” sebut T Mufizar saat ditemui.

Dikatakanya gua itu memiliki luas sekita 1,5 haktare, dengan kedalaman sekitar 20 meter dan panjang 500 meter yang dapat dijangkau.

Dia mengakui selama ini gua dibiarkan, sehingga tak ada banyak yang tahu, padahal layak dijadikan sebagai lokasi wisata.

Jarak Tempuh

Untuk datang ke Gua Ie dari Banda Aceh, kita bisa  melalui jalan Banda Aceh -Medan, dan menuju ke Desa terakhir, dengan jarak tempuh 46 KM.

Dapat ditempuh dengan mengunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat.

Kemudian setelah tiba di desa Leupung Bruek, harus melewati jalan setempak melalui jalur perkebunan warga.

Namun jalur ini hanya dapat berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar 2 km.[SOURCE:SERAMBINEWS.COM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here