Sebuah air terjun ditemukan warga Gampong Panton Luas, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan yang berjarak sekitar 2 kilometer dari pemukiman gampong Panton Luas.

Melihat lokasi dan potensi air terjun tersebut sangat  mungkin dimanfaatkan menjadi tempat wisata baru di Gampong Panton Luas, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan.

Atas penemuan lokasi wisata tersebut, Camat Sawang, Masriadi SSTP MSi bersama keuchik Panton luas, Kapolsek, Babinsa Koramil Sawang, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Tokoh Masyarakat Panton Luas dengan menggandeng Dinas Pariwisata Aceh Selatan meninjau langsung lokasi wisata tersebut pada hari Minggu, 7 Juni 2020.

Keuchik Panton Luas, Syamsuir kepada Serambinews.com, Senin (8/6/2020) mengatakan, air terjun itu ditemukan oleh warga. Selama ini akses jalan menuju lokasi wisata tersebut dibuka dengan dana gampong dan hasil swadaya masyarakat, namun akses jalan tersebut masih rawan dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua.

 “Kita sangat mengharapkan perhatian Pemerintah Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh untuk pembangunan akses jalan menuju tempat wisata tersebut. Untuk mencapai air terjun itu medannya sangat sulit, kawasan hutan kecil dan lembah dengan semak belukar yang masih lebat. Kadang harus membuat jalan baru. Tapi pencarian warga tak sia-sia,” ungkap Syamsuir.

Warga berharap bisa menjadikan air terjun tersebut sebagai obyek wisata baru yang memberi manfaat dan juga ntuk kesejahteraan masyarakat dengan keberadaan air terjun tersebut. Camat Sawang, Masriadi SSTP MSi menyampaikan, lokasi Wisata Air Terjun tersebut sangat potensial untuk dikembangkan sebagai objek tempat wisata yang baru yang sangat asri dan nyaman untuk dinikmati.

Masriadi berharap dengan dikembangkan wisata yang baru ini bisa mendongkrak perekonomian di Gampong Panton Lus secara khusus dan kecamatan Sawang pada umumnya.

“Ini menjadi PR kita bersama, kita bisa mengembangkan agro wisata, ekowisata bahkan wisata religi karena disini juga terdapat makam Habib Mustafa yang selama ini belum dipugar dan di pelihara dengan baik,” ungkapnya.

Selain meninjau Objek wisata Air Terjun, tim penjelajah juga meninjau Gua Batee Meugapit yang juga bisa dikembangkan dan dijadikan sebagai objek tempat wisata. Lebih lanjut Camat Sawang menyampaikan, disini lah Pemerintah perlu membina BUMG Gampong dalam mengembangkan potensi-potensi ekonomi desa yang selama ini belum tersentuh.

“Jangan tiap tahunnya Badan Usaha Milik Gampong hanya mengurusi sewa tratak, kasab pelaminan, sound  system saja,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Safril SSos yang hadir bersama dalam meninjau lokasi wisata tersebut menyampaikan Pemerintah Aceh Selatan akan berupaya dalam mengembangkan Objek Tempat Wisata yang baru ditemukan oleh masyarakat Panton Luas tersebut.

“Dinas Pariwisata Aceh Selatan akan berupaya ke depan untuk mengembangkan Objek Wisata di Panton Luas, kita nanti akan mencoba membuat usulan dan program juga ditunjang dengan usulan Program dari perangkat daerah lainnya yang saling mendukung terhadap potensi alam ini, sehingga dengan hadirnya objek wisata tersebut bisa membangkitkan ekonomi di tengah – tengah masyarakat Panton Luas,” pungkasnya. [ Source : Serambinews.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here