Lhok Mata Ie

Aceh, provinsi paling barat di Indonesia ini dianugerahi banyak pantai yang cantik. Salah satu yang memesona adalah pantai Lhok Mata Ie di Aceh Besar. Letaknya cukup tersembunyi, tapi sepadan dengan keindahannya!

Lhok Mata Ie adalah sebuah pantai di Aceh Besar. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus menaiki bukit terlebih dahulu. Memang letak pantai ini di balik bukit Ujong Pancu. 

Setiap harinya tempat ini selalu di kunjungi oleh wisatawan lokal. Bila akhir pekan, tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan camping bersama sahabat. Hal ini bisa dilihat bila Anda datang ketempat ini pada hari Minggu. Banyak tenda pengunjung yang menginap sejak hari sebelumnya.

Letak tempat ini dari Kota Banda Aceh tidaklah jauh. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menuju bukit Ujong Pancu. Namun pengunjung harus mempersiapkan diri karena harus enaiki bukit Ujong Pancu. Pantai Lhok Mata Ie, begitulah orang-orang menyebutnya.

Namun tidak ada transportasi untuk menuju tempat ini. Bila ingin ke sana, Anda bisa menyewa transportasi umum yang ada di Banda Aceh yaitu Labi-labi ataupun becak. Para pengujung bisa nego sendiri tentang ongkos menuju ke sana dengan sopir ataupun abang becak. Pintar-pintarnya Anda menawar saja.

Ketika sampai di bukit Ujung Pancu, pengunjung akan melihat sebuah pamflet yang berisi peranturan bagi pengujung yang akan menuju ke pantai Lhok Mata Ie. Isi peraturannya adalah larangan berkunjung bagi pengunjung perempuan, baik muhrim maupun bukan muhrim, kecuali sudah mendapatkan izin dari geucik (kepala desa) setempat. 

Pesona pantai pasir putih merona ini akan memanjakan mata Anda. Pantai Lhok Mata Ie juga dijadikan sebagai salah satu tempat memancing favorit sebagian pengunjung. Air lautnya yang bening juga akan melepas penat setelah capek menaiki bukit Ujong Pancu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here