Photo by Ahmad Ariska

Jika ingin menikmati suasana pantai dengan air yang jernih dihiasi pasir putih maka Pulau Keuh bisa menjadi salah satu pilihan. Pulau ini juga bisa untuk memancing ikan. Tak hanya itu, jika ingin menikmati suasana pantai yang alami dengan ombak tenang, ditemani angin sepoi-sepoi yang dikelilingi pohon kelapa muda maka hanya Pulau Keuh lokasi yang paling tepat untuk saat ini.

Pulau Keuh merupakan salah satu pulau dari puluhan pulau kecil yang ada dalam Kabupaten Aceh Jaya. Tepatnya di Gampong Patek, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Berada di bibir garis pantai Samudera Hindia yang membelakangi laut lepas menjadikan pantai Pulau Keuh salah satu tujuan wisata bahari khususnya kaula muda. Saat ini akses untuk menuju Pulau Keuh juga sudah sangat memadai, apalagi Dermaga Gampong Patek yang merupakan pintu akses menuju ke Pulau Keuh juga hanya berjarak sekitar 400 meter dari jalan Nasional Banda Aceh – Calang.

Sedangkan dari Dermaga Lhok Patek hanya butuh sekitar 10 menit berlayar menggunakan boat menuju pulau tujuan. Memang saat ini belum begitu banyak yang mengetahui tentang keindahan Pulau Keuh bak surgawi anak pantai itu. Mungkin karena itu juga Pulau Keuh dikenal dengan pulau paling bersih dan nyaman saat ini.

Sementara untuk fasilitas umum berupa pondok, sumur dan MCK untuk saat ini memang belum tersedia, bahkan dermaga di Pulau Keuh juga belum dibangun. Saryulis mengatakan untuk saat ini pihaknya juga terkendala dengan Muara Dermaga Lhok Patek yang dangkal. Dangkalnya Dermaga Lhok Patek bahkan sangat terasa ketika air laut surut. “Kalau air laut sedang pasang tidak begitu dangkal, tapi jika sedang surut sangat dangkal, kadang kami harus mendorong bot dulu 15 hingga 20 meter baru bisa lepas dari dermaga. Selain itu, dia juga mengimbau untuk para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah di laut terutama sampah plastik.

“Untuk tarif saat ini kita ambil 50 ribu pulang pergi perorang dewasa, sedangkan anak-anak gratis, dan dilarang keras bagi pasangan non muhrim berkunjung ke Pulau Keuh,” kata Saryulis.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here