Selain memiliki tempat-tempat indah nan eksotis, provinsi Aceh juga kaya akan makanan atau kuliner yang membuat siapa saja kangen untuk datang kembali ke Aceh setelah mencicipinya. Salah satunya adalah rujak pliek u.Pliek U merupakan ampas kelapa yang telah dibusukkan serta minyaknya sudah diperas seraya dijemur hingga kering, minyak pliek u juga bisa digunakan untuk menggoreng, namun biasanya minyak pliek harus diproses terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menggoreng. Pliek u biasanya digunakan sebagai bahan makanan khas aceh yaitu kuah pliek, olahan makanan yang terdiri dari beragam sayuran. 

Tak hanya berguna sebagai bumbu kuah pliek, oleh masyarakat aceh pliek u juga digunakan sebagai bumbu colek untuk merujak. Merujak dengan pliek u biasanya dilakukan saat sedang mengolah ampas kelapa menjadi pliek seperti yang saya sebutkan diatas atau sering juga saat sedang berkumpul bersama kolega di rangkang (surau).

Kini untuk merasakan sensasi ngerujak dengan pliek u kita tak perlu repot-repot ke pasar untuk membeli pliek dan buah-buahan, rujak pliek u kini sudah dipasarkan. Adalah Khairul Mubaraq sosok pemuda yang berbisnis rujak pliek u. 

Rujak Pliek u yang dijual oleh khairul Mubaraq sudah dikenal oleh berbagai kalangan, buah yang digunakan adalah buah salak dan buah rumbia pilihan yang memiliki kualitas unggulan. Tentunya campuran pliek u, garam, gula dan cabai rawit sebagai bumbu colek yang membuat camilan ini terasa lezat dan nikmat ketika disantap.

bagi anda yang ingin mencicipi atau penasaran akan kelezatan rujak pliek u khas aceh olahan khairul Mubaraq anda bisa menghubungi via whatsapp 085260878997 atau melalui akun instagram @pliek_u.

Namun khusus bagi anda yang berdomisili di kawasan Kota Banda Aceh bisa datang langsung ke Ulee lheue disamping kuburan masal atau di Lampineung depan SMA 4 karena biasanya @Pliek_u Stay di dua tempat tersebut. Tetapi sebelum anda kesana lebih baik terlebih dahulu anda melihat timeline pliek_u di akun instagram mereka @pliek_u

Selain di Kota Banda Aceh, Pliek_u juga sudah membuka cabang di Kota Langsa, jadi buat rakan-rakan yang tinggal di Langsa dan sekitarnya yang ingin atau penasaran akan lezatnya rujak pliek_u tak perlu lagi jauh-jauh pesan pliek_u ke Banda Aceh. Anda bisa pesan langsung melalui @pliek_ulangsa

Kini penikmat camilan lezat khas Aceh ini tak hanya dari provinsi Aceh saja tetapi ada juga pesanan dari berbagai kota di sumatera seperti Medan, Bengkulu, Lampung. ada juga dari Kalimantan serta berbagai daerah di pulau Jawa seperti Tangerang, Jakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Yogyakarta hingga kota paris van java, Bandung. Khusus untuk pesanan luar daerah, buah-buahan belum di olah kecuali pliek u, hal ini dilakukan supaya buah tersebut tahan lebih lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here